Peranan Simulasi Gempa Di Taman Pintar Yogyakarta Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mengenai Mitigasi Bencana Gempa Bumi Siswa SMA Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta

Sistha, Wikan Tyas (2014) Peranan Simulasi Gempa Di Taman Pintar Yogyakarta Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mengenai Mitigasi Bencana Gempa Bumi Siswa SMA Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 10405244020 .swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Peranan Simulasi Gempa di Taman Pintar Yogyakarta yang berpotensi sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan pencapaian hasil belajar, 2. Perbedaan hasil belajar antara siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran Simulasi Gempa di Taman Pintar Yogyakarta dengan yang menggunakan media pembelajaran Simulasi Gempa di Taman Pintar Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Imogiri dan Taman Pintar Yogyakarta bagian Simulasi Gempa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Imogiri berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik gugus-purposive sampling yang menghasilkan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan: 1. Observasi untuk mengamati proses kegiatan belajar mengajar dan situasi Taman Pintar khususnya di area simulasi gempa sebelum ada perlakuan, 2. Dokumentasi untuk memperoleh data sekunder penunjang penelitian, 3. Tes yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur hasil belajar Geografi. Hasil penelitian menunjukan: 1. Simulasi Gempa di Taman Pintar Yogyakarta mempunyai peranan yang positif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, 2. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Geografi mengenai mitigasi bencana gempa bumi antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Simuasi Gempa Taman Pintar dan yang tidak. Selisih rata-rata hasil belajar sebesar 7,797 lebih tinggi kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Kata kunci: Simulasi Gempa, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 20 May 2015 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item