Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur di SMK N 4 Surakarta

Suci, Puji hujria (2015) Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur di SMK N 4 Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puji hujria suci-12702251054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum berbasis entrepreneur di SMK N 4 Surakarta. Evaluasi yang diuji pada penelitian ini ditinjau dari kriteria: (1) aspek Context, (2) aspek input, (3) aspek process,dan (4) aspek product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 4 Surakarta. Kurikulum entrepreneur diterapkan pada kompetensi keahlian Tata Busana dan Tata Boga. Populasi penelitian ini meliputi 278 responden terdiri dari 38 guru produktif, 132 siswa kelas entrepreneur dan 108 siswa non entrepreneur (Kecantikan dan Perhotelan). Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, check list, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi yaitu expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji perbandingan antara siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur dengan mengunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kriteria context dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -595 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai dari kriteria context cukup baik dan ada hubungan yang relevan antara kurikulum entrepreneur dengan visi dan misi SMK N 4 Surakarta. (2) Kriteria input dari angket A dan B. Indikator tenaga pendidik dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -913, indikator peserta didik dari angket B memiliki nilai skweness sebesar -263, indikator sarana dan prasarana dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -501, indikator sarana dan prasarana dari angket B memiliki nilai skweness sebesar -342. Hasil ini menunjukkan bahwa indikator sarana dan prasarana memiliki nilai yang baik dan perlu dipertahankan. (3) Kriteria process dengan indikator perencanaan materi pembelajaran dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -778 sedangkan dari angket B sebesar -848. Indikator penggunaan metode pembelajaran dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -838 sedangkan dari angket B sebesar -339. Indikator penggunaan media pembelajaran dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -568 dan angket B sebesar -470. Indikator penilaian pembelajaran dari angket A memiliki nilai skweness sebesar -699 dan angket B sebesar – 1.000. berdasarkan hasil nilai skweness dari kriteria process dengan indikator yang ada maka disimpulkan indikator penilaian pembelajaran sudah baik dan perlu dipertahankan. (4) Pada kriteria product, hasil nilai skweness positif dan condong kekanan yaitu sebesar 881 sehingga dapat disimpulkan nilai masih kurang baik dan harus ditingkatkan. (5) Hasil perbandingan siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur dengan uji Chi-square dari kriteria input, process, product menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kurikulum, entrepreneur, CIPP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 12 Sep 2022 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item View Item