Novriani, Chika (2014) PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1) Halaman Depan 09405241046.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2) Abstrak 09405241046.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
4) BAB I 09405241046.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5) BAB II 09405241046.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
6) BAB III 09405241046.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
7) BAB IV 09405241046.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
8) BAB V 09405241046.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode TTW terhadap hasil belajar geografi kelas X di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta, (2) Perbedaan hasil belajar geografi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi antara yang menggunakan metode TTW dengan metode konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar geografi siswa dengan motivasi berprestasi rendah antara yang menggunakan metode TTW dengan yang menggunakan metode konvensional, dan (4) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kolombo sebanyak 3 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova. Hasil penelitian ini yaitu: (1) metode pembelajaran, baik TTW maupun konvensional, memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa, namun metode konvensional memiliki pengaruh yang lebih besar daripada metode TTW, (2) hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi di kelas eksperimen lebih rendah dari kelas kontrol, (3) hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah di kelas kontrol lebih besar dari kelas eksperimen, (4) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai siginifikansi 0.122 > 0.05. Kata kunci: Think-Talk-Write, Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 11 May 2015 00:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18410 |
Actions (login required)
View Item |