KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG

Sari, Parastya Shinta (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Parastya Shinta Sari 10201244013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang menggunakan strategi episodic mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi episodic mapping dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan strategi episodic mapping dalam pembelajaran menulis naskah drama kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Temanggung tahun ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Temanggung. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen 31 siswa sedangkan kelas kontrol 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu tes menulis naskah drama disertai unsur-unsur dalam naskah drama. Validitas yang digunakan adalah expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Temanggung yang menggunakan strategi episodic mapping dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa strategi episodic mapping. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (9,174> 1,990) dan Nilai p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (20,200 > 2,000) dan nilai p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan tingkat kemampuan menulis naskah drama yang signifikan antara pembelajaran siswa dengan menggunakan strategi episodic mapping dengan pembelajaran siswa tanpa menggunakan strategi episodic mapping; (2) penggunaan strategi episodic mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parakan Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi episodic mapping, menulis naskah drama, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:43
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item View Item