Ardianto, Faisal (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEER LESSONS BERBANTU MEDIA MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII G DI SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Skripsi Full IPS 08416241035.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode Peer Lessons berbantu media Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII G di SMP Negeri 16 Yogyakarta dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode Peer Lessons berbantu media Mind Mapping. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus. Sumber data dari penelitian ini siswa kelas VIII G SMP Negeri 16 Yogyakarta. Pengambilan data pada penelitian ini melalui, observasi, angket, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Peer Lessons berbantu media Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII G di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan kepada siswa. Pada sikus 1 motivasi belajar siswa mencapai 68,37%. Pada sikus 2 motivasi belajar siswa meningkat 4,92% sehingga mencapai 73,29%. Pada siklus 3 motivasi belajar siswa adalah 80,15% sehingga terjadi peningkatan sebesar 6,91%. berdasarkan lembar observasi pada siklus 1 mencapai 56, 25% dan siklus 2 mencapai 71,87% terjadi peningkatan 15, 62%, pada siklus 3 hasil menunjukkan 87,5% sehingga penelitian dihentikan pada siklus 3. Dengan demikian, penerapan metode Peer Lessons berbantu media Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII G di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Kendala-kendala dalam penerapan metode Peer Lessons berbantu Media Mind Mapping yaitu membutuhkan waktu lama saat pengkondisian siswa dalam membagi kelompok, saat berdiskusi siswa cenderung ramai sendiri, waktu 2 jam dirasa kurang dalam penerapan metode ini. Kata kunci: Motivasi Belajar, Metode Peer Lessons, Media Mind Mapping
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 04 May 2015 06:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18054 |
Actions (login required)
View Item |