ANALISIS GAYA BAHASA DAN PENCITRAAN DALAM WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN MAJALAH FEMINA EDISI JANUARI-MEI TAHUN 2012

Firdania, Astri Nur (2013) ANALISIS GAYA BAHASA DAN PENCITRAAN DALAM WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN MAJALAH FEMINA EDISI JANUARI-MEI TAHUN 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Astri Nur Firdania 07210144001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud gaya bahasa dan pencitraan dalam wacana iklan produk kecantikan Majalah Femina edisi Januari-Mei tahun 2012. Peneliti tertarik untuk meneliti gaya bahasa dan pencitraan dalam wacana iklan produk kecantikan Majalah Femina karena sebagai market leader sepanjang waktu, Majalah Femina mendapat perhatian lebih dari para pengiklan, dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memasarkan produk kecantikannya. Persaingan iklan yang ketat di tiap edisi Majalah Femina, mendorong kreativitas dan inovasi kata-kata yang disusun para pengiklan untuk menarik minat para pembaca Majalah Femina. Kreativitas dan inovasi kata-kata ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan gaya bahasa dan pencitraan yang terdapat dalam wacana iklan di Majalah Femina. Subjek penelitian ini adalah delapan puluh iklan produk kecantikan Majalah Femina edisi Januari-Mei tahun 2012. Objek penelitian ini adalah wujud gaya bahasa dan bentuk pencitraan yang terdapat dalam Majalah Femina yang diambil dari wacana iklan produk kecantikan. Data diperoleh melalui teknik simak dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrument dengan alat bantu berupa kartu data. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan analisis konten. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah reliabilitas data yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi dua. Pertama, jenis gaya bahasa perbandingan mencakup gaya bahasa simile, metafora, personifikasi dan pleonasme; jenis gaya bahasa pertentangan mencakup gaya bahasa hiperbola dan litotes; jenis gaya bahasa pertautan mencakup gaya bahasa metonimia, sinekdoke, alusi, epitet, erotesis, elipsis, asindenton, polisindenton; dan jenis gaya bahasa perulangan mencakup gaya bahasa tautotes dan gaya bahasa anafora. Kedua, pencitraan yang terdapat pada wacana iklan produk kecantikan sebanyak lima pencitraan, yakni pencitraan karakteristik produk, pencitraan harga dan mutu produk, pencitraan kegunaan produk, pencitraan pengguna atau bintang iklan, dan pencitraan simbol budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya bahasa, pencitraan, wacana iklan, majalah femina
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 04 May 2015 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 21:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item