PENGARUH MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 WONOGIRI

Ahmad, Choirul Nur (2014) PENGARUH MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Choirul Nur Ahmad 09203241013.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman, (2) pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman dan (3) pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 2 Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 2 Wonogiri. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas XI IPA 2, XI IPA 4 dan XI IPA 7 yang seluruhnya berjumlah 93 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yakni minat baca (X1) dan penguasaan kosakata (X2) serta satu variabel terikat, yaitu keterampilan menulis bahasa Jerman (Y). Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunaka angket dan tes. Untuk mengetahui uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson. Uji validitas masing-masing instrumen adalah dengan validitas isi, validitas konstruk dan validitas butir soal. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah uji coba diketahui bahwa 30 dinyatakan valid, 25 soal (dari 30 soal) penguasaan kosakata dinyatakan valid dan 2 soal keterampilan menulis dinyatakan valid. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan Regresi ganda. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan garis regresi yaitu Ŷ = -26,868 + 0,774 X1 + 1,901 X2. Hasil tersebut menunjukkan (1) adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman, yaitu thitung = 5,207 > ttabel = 1,986, (2) adanya pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman, yakni thitung = 5,094 > ttabel = 1,986, (3) adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman, yaitu fhitung = 31,965 > ftabel = 3,09.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, minat baca, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 24 Apr 2015 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 21:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17528

Actions (login required)

View Item View Item