Ernawati (2014) UPAYA PENINGKATAN KETARAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 KEDIRI DENGAN TEKNIK JIGSAW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ernawati 07203244010.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Kediri dengan teknik jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Class Action Research. Strategi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 3 Kediri yang terdiri dari 34 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman, sikap positif dan keaktifan terhadap pembelajaran bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 3 Kediri. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes keterampilan berbicara peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 73,82 pada siklus I meningkat menjadi 81,18 pada siklus II. Sikap peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Jerman pada siklus I tergolong sebagai kategori cukup, setelah pelaksanaan siklus II sikap peserta didik berubah menjadi kategori baik. Keaktifan peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Jerman pada siklus I termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 50%, setelah pelaksanaan siklus II berubah menjadi kategori tinggi dengan rata-rata lebih dari 75%. Dengan demikian, keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik XI SMAN 3 Kediri telah mengalami peningkatan ditinjau dari segi proses maupun hasil setelah diberi tindakan dengan menggunakan teknik jigsaw.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik pembelajaran |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 03:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |