PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PERPADUAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Imas Nurani Islami, Imas (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PERPADUAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
PDF Gabung.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Perpaduan Permainan Edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Koperasi Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kapas I No. 5 RT 26/ RW 8 Yogyakarta pada bulan November 2014. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase berupa perhitungan tes tertulis, perhitungan hasil observasi, dan perhitungan respon siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu 1) Hasil belajar kognitif meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 8 dari 18 siswa atau 44,44%. Pada siklus II siswa yang berhasil mencapai KKM meningkat menjadi 16 dari 20 siswa atau 80,00%. 2) Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase sebesar 60,45%. Pada siklus II hasil belajar ranah afektif siswa meningkat menjadi 85,36%. 3) Hasil belajar ranah psikomotor siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase sebesar 59,00%. Pada siklus II hasil belajar ranah psikomotor siswa meningkat menjadi 86,75%. 4) Respon siswa terhadap model yang diterapkan sangat baik. Pada siklus I diperoleh respon sebesar 87,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 98,33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Perpaduan Permainan Edukatif dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015 dan siswa merespon sangat baik model pembelajaran yang digunakan. Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Permainan Edukatif, Hasil Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item View Item