PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANGAN BANGUNTAPAN BANTUL

Azizah, Sulis Nur (2015) PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V SD NEGERI JOMBLANGAN BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SULIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode mind mapping dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Jomblangan Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDNegeri Jomblangan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang digunakan untuk mengukur konsentrasi belajar siswa, tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode mind mapping. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jomblangan. Peningkatan tersebut dapat dilaksanakan melalui modifikasi tindakan berupa: penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dimodifikasi, tanya jawab materi dengan melibatkan siswa secara akif, membuat dan mengkreasikan bentuk mind map dengan didampingi guru dan peneliti, mempresentasikan hasil mind map siswa dengan cara memilihnya secara acak, serta melakukanrefleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil angket dan observasi, konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria “tinggi”. Pada pra tindakan, jumah siswa yang mendapatkan skor konsentrasi belajar ≥76 ada 7 siswa (21,9%). Pada siklus I, meningkat menjadi 15 siswa (46,9%), dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (100%). Selanjutnya, data hasil belajar pada pra tindakan, yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥75 (KKM) yaitu ada 13 siswa (40%). Pada siklus I, meningkat menjadi 22 siswa (68,7%), kemudian pada akhir siklus II, meningkat menjadi 32 siswa (100%). Kata kunci: konsentrasi belajar, hasil belajar IPA, mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16491

Actions (login required)

View Item View Item