PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR KABUPATENKARANGANYAR

Jufan Kristiyono, Jufan Kristiyono (2013) PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 4 KARANGANYAR KABUPATENKARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Jufan Kristiyono_NIM 09601244046.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Passing merupakan teknik dasar yang sangat diperlukan dalam permainan sepakbola, untuk itu diperlukan model latihan yang dapat meningkatkan kemampuan passing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 4 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola yang berjumlah 30 anak, tanpa kelompok pembanding. Maka seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes mengoper bola rendah dari Subagyo Irianto. Teknik analis data menggunakan kolmogorov-smirnov test untuk normalitas, uji homogenitas dan uji-t untuk pengujian hipotesis, dan sampel berkorelasi pada taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan passing bawah. Uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar (8,571) > ttabel (2,045) dan nilai p (0,000) < 0,05, sehingga hal tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan passing bawah setelah diberi perlakuan dengan latihan pendekatan taktik. Berdasarkan rata-rata (mean) menunjukkan rerata posttest > pretest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan pendekatan taktik yang signifikan terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 4 Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Peningkatan kemampuan passing bawah sebesar 2,033 atau 36 % (diperoleh dari mean different dibagi mean pretest dikalikan 100 %)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:13
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16096

Actions (login required)

View Item View Item