Rofiqoh Nur, Rokhmah (2014) PENGARUH CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD SE-GUGUS IMAM BONJOL KECAMATAN PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Skripsi Rofiqoh Nur Rokhmah 09108241066.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika SD kelas IV Se-Gugus Imam Bonjol Kecamatan Purbalingga Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey. Sampel penelitian berjumlah 134 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel cara belajar matematika dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Uji coba angket cara belajar matematika diperoleh 43 item pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,946. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa SD kelas IV se gugus Imam Bonjol, Kecamatan Purbalingga. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, dengan diperoleh hasil korelasi thitung sebesar 5,727, ttabel sebesar 1,960 pada taraf signifikansi 5%, dan R2 sebesar 0,199, maka didapatkan hasil thitung 5, 727 > ttabel 1,960. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus Imam Bonjol Kecamatan Purbalingga sebesar 19,9%. Kata kunci: cara belajar matematika dan prestasi belajar matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 00:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13969 |
Actions (login required)
View Item |