UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES KELAS V SD N 01 KARANG TALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS

Eli, Khusniati (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES KELAS V SD N 01 KARANG TALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA harus melibatkan siswa secara aktif. Pada kenyataannya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA SD Negeri 01 Karang Talun Kidul masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses kelas V SD Negeri 01 Karang Talun Kidul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kurt Lewin. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karang Talun Kidul yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian adalah keaktifan siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2011/2012 yaitu tanggal2 Januari 2012 sampai tanggal 14 Januari 2012. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses menujukkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD N 01 Karang Talun Kidul dari pra siklus 5,0 (6%) dengan kategori “rendah”,siklus I sebesar 8,0 (40%) dengan kategori “sedang”, dansiklus II sebesar 10,5 (77%) kategori “tinggi”. Kata kunci : Keaktifan siswa, pendekatan keterampilan proses, kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item View Item