UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN LEWAT PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS XB SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Sri Kunthi Ambarwati, - (2012) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN LEWAT PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS XB SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SRI_KUNTHI_AMBARWATI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XB SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dengan menerapkan pendekatan proses. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA IT Abu Bakar Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, catatan lapa ngan, wawancara, angket, dokumentasi dan tes menulis cerpen. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui tanya jawab dengan teman sejawat dan triangulasi. Kriteria keberhasilan peneli tian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan, baik terkait dengan guru maupun siswa dalam hal proses maupun produk. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pendekatan proses dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XB SMA IT Abu Bakar Yogyakarta mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa. Guru memberikan apresiasi yang tinggi atas pembelajaran menulis cerpen lewat pendekatan proses. Siswa pun merasa lebih senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Kedua, pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XB SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dalam menulis cerpen. Ini terlihat dari nilai rata-rata yang meningkat pada siklus I dan siklus II. Pada saat pratindakan, rata-rata nilai siswa adalah 66,41. Pada akhir siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 84,06 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 92,13. Dengan demikian, nilai rata-rata menulis cerpen mengalami peningkatan sebesar 36,18% dari pratindakan hingga siklus II. Selain itu, setiap aspek dalam penulisan cerpen juga mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi dari pratindakan sampai dengan siklus II meliputi: aspek tokoh 19,28%, aspek alur 52,54%, aspek latar 21,63%, aspek sudut pandang 34,65%, aspek gaya dan nada 27,11%, aspek judul 81,69%, aspek narasi dan dialog 22,92%, aspek tema 31%, serta aspek mekanik kebahasaan 75,11%. Kata Kunci: Menulis, Cerpen, Pendekatan Proses

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:13
Last Modified: 29 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item