IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPIKPU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Mailatul Jannah (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPIKPU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mailatul_Jannah_07201241021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik SPIKPU. SPIKPU adalah teknik pembelajaran membaca yang merupakan terjemahan dari MURDER. Teknik ini terdiri dari enam tahap, yaitu mengatur suasana hati, membaca untuk memahami, mengingat, menemukan kesalahan, menghubungkan dengan pengalaman, dan mengulang kembali. Latar belakang diadakannya penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPS 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes kemampuan membaca, dan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas demokratik, proses, dan dialogik, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilihat secara proses dan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Bantul, baik secara proses maupun produk. Hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menerapkan teknik SPIKPU menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan aktivitas fisik yang tercermin dalam pelaksanaan tahap-tahap SPIKPU. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan antusias. Secara produk, peningkatan ditunjukkan dengan skor tes pemahaman membaca pada setiap akhir siklus penelitian. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman ditunjukkan dengan peningkatan skor lima kategori kemampuan membaca yang meliputi kemampuan literal, kemampuan mereorganisasi, kemampuan inferensial, kemampuan evaluasi, dan kemampuan apresiasi. Berdasarkan lima kategori kemampuan membaca tersebut didapatkan skor kemampuan pemahaman membaca. Skor rerata pada pratindakan sebesar 58,89. Skor rerata meningkat sebesar 11,26 pada siklus I menjadi 70,15. Skor rerata setelah dikenai tindakan pada siklus II meningkat menjadi 83,68 atau meningkat sebesar 13,53. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif SPIKPU dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif SPIKPU dan kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 01:56
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item