PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI KEGIATAN SANGGAR SASTRA PADA SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL

Ariastuti, Bisyaroh (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI KEGIATAN SANGGAR SASTRA PADA SISWA KELAS X 3 SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bisyaroh_Ariastuti_06201244075.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul melalui kegiatan sanggar sastra. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (p lanning), pelaksanaan tindakan (a cting), pengamatan (ob s er ving), dan refleksi (ref lecting ). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dokumen tugas siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan sanggar sastra dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efisien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran sebab kegiatan sanggar sastra merupakan kegiatan yang berbasis alam atau naturalisme. Kelebihan kegiatan sanggar sastra adalah bersifat realistis, menumbuhkan kerjasama, dan mengedepankan kreativitas. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 16,67 setara dengan 47,62% setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 21,99 setara dengan 62,83% dan pada akhir siklus II skor rata-rata siswa menjadi 28,39 atau setara dengan 81,13%. Kenaikan skor rata-rata siswa mulai pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 11,72 atau setara dengan 33,49%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul dapat ditingkatkan melalui kegiatan sanggar sastra dapat terbukti atau diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:48
Last Modified: 31 Jan 2019 13:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item