Anisatul Azizah Hasanah, - (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA SISWA KELAS XA SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
ANISATUL_AZIZAH_HASANAH_07201241027.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui model kooperatif tipe round table. Model kooperatif tipe round table merupakan salah satu teknik menulis yang menerapkan pembelajaran dengan menunjuk tiap-tiap anggota kelompok untuk berpartisipasi secara bergiliran dalam kelompoknya dengan membentuk meja bundar atau duduk melingkar. Teknik ini dipilih karena dapat membantu peserta didik menemukan ide-ide pikiran dengan lebih mudah, yaitu dengan menggabungkan ide-ide atau gagasan yang muncul. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Prosedur pelaksanaan tindakan terbagi dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian keterampilan menulis deskripsi, pedoman wawancara, dan alat rekaman foto. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi siswa yang lebih fokus, lebih antusias, lebih mandiri, lebih aktif, dan senang dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis deskripsi dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pratindakan 60,05, siklus I 70,43, dan siklus II 78,50. Penulisan karangan deskripsi dengan model kooperatif tipe round table memudahkan siswa dalam penemuan dan penuangan ide. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe round table merupakan salah satu teknik yang mampu meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Kata kunci: menulis, karangan deskripsi, dan model kooperatif tipe round table
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Virga FBS |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 03:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 14:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
View Item |