Aliana Puspitawati, Febta (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DAN KONSEP KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA KECAMATAN KRATON TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Febta Aliana Puspitawati.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar seri dan konsep kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media pada siswa kelas III SD N Keputran A Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen Pre test - Pos test Control Group Design yang dilakukan di SD N Keputran A Yogyakarta dengan populasi seluruh siswa kelas III SD N Keputran A berjumlah 89 siswa. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas III dengan media gambar seri dan konsep kartu bergambar lebih efektif diterapkan daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor menulis kelompok yang menggunakan media gambar seri dan konsep kartu bergambar dari hasil penghitungan uji-F, skor F hitung sebesar 199,861 setelah dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% df sebesar 86 diperoleh F tabel sebesar 3,103 dengan demikian F hitung lebih besar dari Ftabel. Kata kunci: gambar seri, kartu gambar, menulis karangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 03:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |