KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DAN KONSEP KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA KECAMATAN KRATON TAHUN AJARAN 2011/2012

Aliana Puspitawati, Febta (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DAN KONSEP KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS III SD N KEPUTRAN A YOGYAKARTA KECAMATAN KRATON TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febta Aliana Puspitawati.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar seri dan konsep kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media pada siswa kelas III SD N Keputran A Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen Pre test - Pos test Control Group Design yang dilakukan di SD N Keputran A Yogyakarta dengan populasi seluruh siswa kelas III SD N Keputran A berjumlah 89 siswa. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas III dengan media gambar seri dan konsep kartu bergambar lebih efektif diterapkan daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor menulis kelompok yang menggunakan media gambar seri dan konsep kartu bergambar dari hasil penghitungan uji-F, skor F hitung sebesar 199,861 setelah dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% df sebesar 86 diperoleh F tabel sebesar 3,103 dengan demikian F hitung lebih besar dari Ftabel. Kata kunci: gambar seri, kartu gambar, menulis karangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 05 Feb 2013 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9997

Actions (login required)

View Item View Item