UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS III SD NEGERI NGEMPLAK 4 SLEMAN

Ratnaningsih, Dwi (2012) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS III SD NEGERI NGEMPLAK 4 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Dwi Ratnaningsih.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi bangun datar melalui pendekatan matematika realistik siswa kelas III SD Negeri Ngemplak 4 Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan di SD Negeri Ngemplak 4 Sleman selama bulan Juli-Agustus 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Ngemplak 4 Sleman yang berjumlah 23 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah jika nilai rata-rata kelas siswa telah mencapai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar bangun datar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada setiap siklus. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 61,30, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 69,57 dan pada siklus III menjadi 74,78. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil penelitian sudah melebihi kriteria keberhasilan penelitian yaitu nilai rata-rata ≥ 70. Peningkatan prestasi belajar yang mutlak disebabkan penggunaan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks nyata sebagai titik awal pembelajaran dan masalah yang kontekstual sebagai sumber pengembangan konsep belajar. Dengan pendekatan matematika realistik pembelajaran bangun datar menjadi lebih menyenangkan, sehingga siswa menjadi semangat untuk belajar. Kata kunci : prestasi belajar, bangun datar, pendekatan matematika realistik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item