Kurniati, Dina (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGAMBA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Dina Kurniati.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringamba Banjarnegara, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringamba. Objek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS melalui TGT. Setting penelitian mengambil ruang kelas IV. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. TGT dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas siswa 53,82, pada siklus I meningkat menjadi 62,88 dan pada siklus II menjadi 73,82. Hasil observasi menunjukan aktivitas guru sudah dapat menerapkan pembelajaran yang bervariasi dengan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran kooperatif TGT sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa lebih aktif dan bersemangat untuk belajar serta suasana menjadi lebih menyenangkan. Kata kunci: Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 03:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9994 |
Actions (login required)
View Item |