MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGAMBA BANJARNEGARA

Kurniati, Dina (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGAMBA BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dina Kurniati.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringamba Banjarnegara, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringamba. Objek penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS melalui TGT. Setting penelitian mengambil ruang kelas IV. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. TGT dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas siswa 53,82, pada siklus I meningkat menjadi 62,88 dan pada siklus II menjadi 73,82. Hasil observasi menunjukan aktivitas guru sudah dapat menerapkan pembelajaran yang bervariasi dengan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran kooperatif TGT sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa lebih aktif dan bersemangat untuk belajar serta suasana menjadi lebih menyenangkan. Kata kunci: Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9994

Actions (login required)

View Item View Item