PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS 5 MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI NGEMPLAK 3 SLEMAN

Wahyu Arif Wicaksono, Dadik (2012) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS 5 MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI NGEMPLAK 3 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dadik Wahyu Arif Wicaksono.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas 5 melalui problem based learning di SD Negeri Ngemplak 3 Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 5 SD Negeri Ngemplak 3 Sleman sejumlah 40 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus melalui tahapan PBL yaitu menyadari masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, menentukan pilihan penyelesaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKS, lembar observasi, dan soal tes. Lembar observasi digunakan untuk merekam aktivitas siswa dan aktivitas peneliti. Soal tes digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan konsep siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya penguasaan konsep IPA siswa kelas 5 melalui problem based learning, dengan nilai rata-rata ≥75 dari jumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal. Sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 56. Nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa dalam siklus I meningkat menjadi 67, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76. Hal ini tampak dari data hasil nilai tes siswa saat pelaksanaan penelitian di SD Negeri Ngemplak 3 Sleman pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci : Penguasaan Konsep, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9992

Actions (login required)

View Item View Item