Aprilia Dwi Kusuma, Cahya (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUNTUR PURWOREJO JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cahya Aprilia Dwi Kusuma.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Guntur Purwerejo Jawa Tengah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara, serta tes hasil belajar siswa yang didapat pada setiap akhir siklus Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas V SD Negeri Guntur Purwerejo Tengah. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kontekstual. yang. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% dari keseluruhan jumlah siswa mendapat nilai 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar awal 49,4 meningkat menjadi 62,22 pada siklus I dengan persentase keberhasilan 44,44%. Pada siklus II hasil belajar meningkat dari 62,22 meningkat menjadi 82,66 dengan persentase keberhasilan 77,77%. Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran kontekstual, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 03:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9989 |
Actions (login required)
View Item |