UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIA MELALUI PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD KAUMAN KECAMATAN PLERET BANTUL

Rahmawati, Anna (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIA MELALUI PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD KAUMAN KECAMATAN PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Anna Rahmawati.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA menggunakan Quantum Learning di SD Kauman Pleret Bantul. Jenis metode adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA SD Kauman Pleret Bantul yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan dengan teknik persentase untuk angket. Data observasi menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar menggunakan Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA SD Kauman Kecamatan Pleret Bantul. Hal ini terbukti dengan subjek penelitian yang terlihat aktif, antusias, dan terjadi peningkatan nilai evaluasi dalam setiap siklus pembelajaran. Peningkatan persentase rata- rata motivasi belajar siswa yaitu dengan angket pratindakan 58,92%, angket siklus I 68,19%, dan angket siklus II 84,98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIA SD Kauman Pleret Bantul. Kata kunci: Motivasi belajar, Quantum Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9988

Actions (login required)

View Item View Item