HAMBATAN DAN STRATEGI PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KARANGREJA TAHUN AJARAN 2012/2013

Arisatun , Manfangati (2013) HAMBATAN DAN STRATEGI PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KARANGREJA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

HAMBATAN DAN STRATEGI PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KARANGREJA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Arisatun Manfangati NIM.08104244042 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dan strategi penyelesaian pekerjaan rumah (PR) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangreja tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Pengambilan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik quota stratified proportional random sampling. Dari 193 jumlah siswa kelas VIII diambil 40%, diperoleh subyek penelitian sebayak 77 siswa yang terbagi menjadi tiga kelompok peringkat di kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9–23 juli 2012. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket hambatan dan strategi penyelesaian PR pada siswa. uji validitas dilakukan menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas diperoleh nilai koefisien 0,713 pada instrument hambatan penyelesaian PR dan nilai koefisien 0,758 pada instrument strategi penyelesaian PR. Triangulasi data dilakukan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran dan orang tua siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan penyelesaian PR pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangreja pada kategori sedang dengan skor 42,86% (33 siswa). Hambatan utama siswa dalam menyelesaikan PR pada aspek personal dengan skor 84,6% (65 siswa) dan hambatan paling rendah pada aspek academic dengan skor 42,6% (33 siswa). Berdasarkan jenis kelamin, siswa lakilaki mempunyai hambatan penyelesaian PR tinggi dengan skor 43,9% (18 siswa) dan siswa perempuan mempunyai hambatan penyelesaian PR sedang dengan skor 63.41% (26 siswa). Strategi penyelesaian PR pada siswa kelas VIII berada pada kategori sedang dengan skor 54,55% (42 siswa). Strategi paling bayak digunakan siswa untuk menyelesaikan PR secara mandiri dengan skor 54.55% (42 siswa) dan strategi paling sedikit digunakan dengan memanfaatkan teknologi dan memberikan penghargaan kepada diri dengan skor 33.6% (26 siswa). Berdasarkan jenis kelamin, siswa perempuan mempunyai strategi sedang dengan skor (55.56% (20 orang) dan siswa laki-laki mempunyai strategi penyelesaian PR sedang sebesar 63,41% (26 siswa). Kata kunci: hambatan, strategi, siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item