Rustiamah, Rustiamah (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IIIA SD N BACIRO GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1 - 09108247056.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 09108247056.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 09108247056.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
COVER - 09108247056.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 09108247056.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IIIA SD Negeri Baciro Gondokusuman Yogyakarta, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IIIB SD Negeri Baciro Yogyakarta, sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri Baciro Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian tindakan dilaksanakan di SD Negeri Baciro yang terletak di Baciro, kecamatan Gondokusuman, Kotamadya Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IIIA SD Negeri Baciro Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah 51,56 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar aadalah 25% Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 67,19 sedangkan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 62,50%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa mencapai 79,38 sedangkan persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai ketuntasan belajar adalah 93,75%. Kata kunci : prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 03:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9934 |
Actions (login required)
View Item |