PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA DI SMPN 1 WATES

Ardyansah Jani , Putra (2012) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA DI SMPN 1 WATES. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 06208244053.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 06208244053.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 06208244053.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 06208244053.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 06208244053.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai “pengaruh minat dan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik terhadap prestasi belajar seni budaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh minat dan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik terhadap prestasi belajar seni budaya di SMP Negeri 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SMPN 1 Wates. Untuk mendapatkan data, peneliti mggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Kuesioner ini peneliti gunakan untuk melihat respon siswa, dokumentasi untuk mendapatkan nilai raport siswa pada mata pelajaran seni budaya dan nilai ekstrakurikuler pada smester ganjil 2011/2012. Kemudian hasil dari kuesioner dan data nilai raport tersebut dianalisis dengan regresi linier berganda yang meliputi uji t dan uji f dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Ada pengaruh yang signifikan antara minat (X1) terhadap prestasi belajar (Y) hal ini ditunjukan dengan thitung (2,357) ≥ ttabel (1,662) serta sig t (0,021) ≤ alpha (0,05), 2. Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi (X2) terhadap prestasi belajar (Y) hal ini ditunjukan dengan thitung (3,016) ≥ ttabel (1,662) serta sig t (0,003) ≤ alpha (0,05), 3. Ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler (X3) terhadap prestasi belajar (Y) hal ini ditunjukan dengan thitung (2,432) ≥ ttabel (1,662) serta sig t (0,017) ≤ alpha (0,05), 4. Ada pengaruh yang signifikan antara minat (X1), motivasi (X2), serta ekstrakurikuler (X3) secara bersamaan mempengaruhi prestasi belajar (Y) hal ini ditunjukan dengan fhitung (9,021) ≥ ftabel (2,70) serta sig f (0,000) ≤ alpha (0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9917

Actions (login required)

View Item View Item