UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS I DI SD NEGERI 1 GEBANGSARI KEBUMEN

Ratno , Saputra (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS I DI SD NEGERI 1 GEBANGSARI KEBUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I di SD Negeri 1 Gebangsari Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Gebangsari, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengunpulan data dilakukan dengan tes membaca, observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan menggunakan model alur. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa dengan nilai rata-rata 70 dan ketuntasan siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan membaca permulaan siswa. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal sebesar 61,9. Nilai rata-rata pada siklus I meningkat 10,2 (kondisi awal 61,9 menjadi 72,1) dan pada siklus II meningkat 21,9 (kondisi awal 61,9 menjadi 83,8). Kata Kunci : kemampuan membaca permulaan, metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:44
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item View Item