PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENANAM KANGKUNG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SMALB/C DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Mardiyo, Mardiyo (2012) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENANAM KANGKUNG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SMALB/C DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKdocx.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08103249027.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08103249027.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08103249027.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08103249027.pdf

Download (850kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menanam kangkung, kesulitan yang dialami siswa dalam menanam kangkung dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menanam kangkung bagi anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB Bhakti Pertiwi Prambanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah dua siswa terdiri dari satu perempuan dan satu laki-laki semua termasuk anak tunagrahita ringan kelas XI SMALB/C dan satu guru keterampilan. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai dengan Juni 2012. Metode pengumpulaan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dalam proses pembelajaran adalah agar anak memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menanam kangkung. Proses pembelajaran menanam kangkung dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut; persiapan lahan,,menanam benih, pengairan, pemupukan, pemeliharaan dan panen. Materi pembelajaran meliputi pengetahuan dan praktek menanam kangkung. Media yang digunakan dalam menanam kangkung adalah lahan/sawah,benih kangkung,alat untuk menanam kangkung: cangkul, sabit, tugal, semprotan, ember. Metode yang digunakan adalah metode ceramah,,tanya jawab demonstrasi. pemberian tugas,. Evaluasi yang digunakan unjuk kerja atau evaluasi proses. Kesulitan yang dialami subjek IM dalam menanam kangkung adalah melubangi tanah, menanam benih kangkung, Subjek DH mengalami kesulitan menyiapkan lahan, melubangi tanah, menanam benih kangkung. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak dalam menanam kangkung yaitu dilakukan dengan memberi tugas berulang-ulang untuk mencoba lagi sampai anak dapat melakukan tahap demi tahap dengan didampingi guru. Kata kunci : pembelajaran keterampilan menanam kangkung, anak tunagrahita

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran keterampilan menanam kangkung, anak tunagrahita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9904

Actions (login required)

View Item View Item