UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V B SD PUCUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Fani , Budiati (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V B SD PUCUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108247064.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108247064.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108247064.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108247064.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108247064.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui penggunaan alat peraga tiga dimensi yaitu model-model bangun ruang serta mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga model-model bangun ruang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Pucung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Objek penelitian berupa prestasi belajar matematika siswa yang ingin ditingkatkan melalui penggunaan alat peraga tiga dimensi yaitu model-model bangun ruang pada pembelajaran matematika dalam pokok bahasan volume bangun ruang. Kompetensi dasar dalam penelitian ini ada dua yaitu: 1) menghitung volume kubus dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus, 2) menghitung volume balok dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok. Teknik pengumpulan data menggunakan tes serta observasi baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Data hasil tes dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil observasi dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga tiga dimensi yaitu model-model bangun ruang dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada saat pre test jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 dari 28 siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 dari 28 siswa. Pada siklus I ini guru telah menggunakan alat peraga namun kurang mengontrol penggunaannya. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 dari 28 siswa. Pada siklus II ini, guru menggunakan alat peraga dan mengontrol penggunaannya secara baik, sebagian besar siswa telah menggunakan alat peraga dengan tertib dan benar, guru telah banyak memberi motivasi dan penguatan sehingga sebagian besar siswa terlibat aktif dalam diskusi atau kerja kelompok, siswa telah berani mengungkapkan pendapat baik pada saat pembahasan hasil diskusi maupun pembahasan hasil evaluasi. Kata kunci: prestasi belajar, matematika, alat peraga tiga dimensi, volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: prestasi belajar, matematika, alat peraga tiga dimensi, volume bangun ruang.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item