PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SD N GEJAYAN YOGYAKARTA

Chintami , Lupitasari (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN REMEDIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SD N GEJAYAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08103241036.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08103241036.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08103241036.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08103241036.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08103241036.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode mind map dalam pembelajaran remedial pada anak tunarungu kelas IV SD N Gejayan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian diadopsi dari model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa tunarungu kelas IV SD N Gejayan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pada siklus I, perbandingan hasil tes prestasi belajar pra-tindakan dan pasca-tindakan, mengalami peningkatan prestasi belajar IPA yang cukup baik. Namun, peningkatan tersebut belum optimal karena ada 2 siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal belajar IPA sebesar 65 yaitu Arya dan Dela. Tindakan siklus II dilakukan perbaikan antara lain; 1) guru menjelaskan ulang materi pelajaran IPA secara lebih detail, bertahap dan tidak terlalu cepat, 2) guru memberikan penekanan lebih pada materi yang sulit dikuasai siswa, 3) guru lebih memberikan motivasi kepada anak agar percaya diri dalam menyimpulkan materi, dan 4) penyimpulan materi dilakukan oleh siswa sendiri agar siswa lebih memahami dan lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Tindakan siklus II dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil tindakan siklus II semua siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian mata pelajaran IPA masing-masing siswa yaitu; Arya 70, Azka 93 dan Dela 76. Kata kunci: Metode Mind Map, Prestasi Belajar IPA, Anak Tunarungu

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Mind Map, Prestasi Belajar IPA, Anak Tunarungu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9886

Actions (login required)

View Item View Item