UPAYA PENGENALAN WARNA MELALUI PRAKTIK LANGSUNG DI TK ABA PURWODININGRATAN YOGYAKARTA

Ismi , Nurjanah (2012) UPAYA PENGENALAN WARNA MELALUI PRAKTIK LANGSUNG DI TK ABA PURWODININGRATAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08111247016.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08111247016.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08111247016.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08111247016.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08111247016.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Pengenalan Warna Melalui Praktik Langsung di TK ABA Purwodiningratan Yogyakarta” bertujuan untuk mengetahui cara pengenalan warna dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak dalam mengenal warna setelah melalui praktik langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK ABA Purwodiningratan dengan subyek yang diteliti 15 anak. Penelitian ini menggunakan model instrumen berupa lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar portofolio. Data diolah secara deskriptif kuantitatif dengan sumber data anak Kelompok A TK ABA Purwodiningratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan praktik langsung pengenalan warna pada anak di TK ABA Purwodiningratan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rerata pada pos tes siklus I dan siklus II. Selisih hasil pos tes siklus I dan pos tes siklus II melalui daftar cek sebesar 3,40, melalui portofolio sebesar 2,60, dan melalui wawancara sebesar 2,67. Dengan demikian, pembelajaran praktik langsung untuk pengenalan warna dapat diterapkan di TK. Kata kunci : Warna, praktik langsung, TK ABA Purwodiningratan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Warna, praktik langsung, TK ABA Purwodiningratan
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9885

Actions (login required)

View Item View Item