PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU DOLANAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8

Umi Hariati , Ningsih (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAGU DOLANAN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08205244001.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 08205244001.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 08205244001.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08205244001.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08205244001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran bahasa Jawa dengan materi lagu dolanan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media interaktif pembelajaran lagu dolanan untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama; (2) mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran lagu dolanan tersebut; (3) mendeskripsikan kualitas media pembelajaran lagu dolanan; (4) mendeskripsikan penilaian guru bahasa Jawa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media interaktif pembelajaran lagu dolanan dengan menggunakan software Macromedia Flash Professional 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan lima tahap yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir produk. Produk media ini diuji kelayakan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan layak. Tahap selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru bahasa Jawa dan dilakukan ujicoba kepada siswa kelas VII A SMP N 1 Wates, Kabupaten Kulon Progo yang terdiri dari 27 siswa yang diakhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) siswa terhadap materi lagu dolanan dalam media interaktif pembelajaran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis deskriptif untuk mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran lagu dolanan untuk siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi yang terdiri dari 2 aspek penilaian dengan 18 indikator memperoleh rata-rata prosentase nilai 81.3% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (2) penilaian kualitas media oleh dosen ahli media yang terdiri dari 2 aspek penilaian memperoleh rata-rata prosentase nilai 85.6% termasuk ke dalam kategori sangat baik; (3) penilaian guru bahasa Jawa yang terdiri dari 2 aspek penilaian memperoleh prosentase nilai rata-rata 79% termasuk ke dalam kategori baik; (4) hasil angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran lagu dolanan memperoleh rata-rata prosentase nilai sebesar 86% berarti siswa sangat setuju dengan penggunaan media. Prosentase siswa dalam mengerjakan evaluasi sebesar 81% mencapai KKM, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat menarik minat siswa dan membantu dalam memahami materi lagu dolan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9843

Actions (login required)

View Item View Item