PITARIZKA INTAN , WIDURI (2012) EFEKTIVITAS IRINGAN ANSAMBEL MUSIK PADA EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SD BOPKRI DEMANGAN III. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
COVER - 05208241014.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB1 - 05208241014.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB2 - 05208241014.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB5 - 05208241014.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 05208241014.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas iringan ansambel musik pada ekstrakurikuler paduan suara SD Bopkri Demangan III Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen di mana peneliti membagi populasi menjadi 2 kelompok terdiri dari 15 siswa tiap kelompok. Metode pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Uji T digunakan dalam proses analisis data untuk mengungkap perubahan yang terjadi selama adanya perlakuan pada kelompok eksperimen dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan iringan ansambel musik dapat meningkatkan kualitas paduan suara secara signifikan, dengan hasil uji t sebesar 2.136 dan sig = 0.042. Tercatat peningkatan kualitas paduan suara kelompok yang diiringi ansambel musik (eksperimen) sebesar 12.10% ( x pre = 62.465, x post = 70.022), sedangkan kelompok yang tidak diringi ansambel musik (kontrol) sebesar 1.22% ( x pre = 64.022, x post = 64.800). Bertolak dari hasil tersebut, maka iringan musik ansambel layak dipertimbangkan untuk digunakan dalam upaya meningkatkan kualitas paduan suara, khususnya untuk tingkat SD dan terutama di SD Bopkri Demangan III Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 01:31 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |