PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN NnggulN SLEMAN

Surantini, Surantini (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN NnggulN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 09108247009.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 09108247009.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 09108247009.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 09108247009.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 09108247009.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi Sumber Daya Alam dan Aktivitas Ekonomi dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SDN Nanggulan Depok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Instrument tes sebelum digunakan terlebih dahulu divalidasi secara expert judgment. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa di kelas IVB SDN Nanggulan Depok, khususnya pada materi Sumber Daya Alam dan Aktivitas Ekonomi. Prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II. Akhir siklus I sebanyak 22 siswa (73,34%) sudah tuntas mencapai KKM, sedangkan hasil akhir siklus II semua siswa berjumlah 30 (100%) tuntas. Ada kenaikan nilai prestasi belajar IPS sebesar 26,66%. Kata Kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT),siswa kelas IV SDN Nanggulan Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT),siswa kelas IV SDN Nanggulan Sleman.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9824

Actions (login required)

View Item View Item