Siti , Sumardiyah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI ORIGAMI DI SLB NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1-07103241034.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-07103241034.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-07103241034.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
COVER-07103241034.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-07103241034.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita sedang melalui origami pada kelas III di SLB Negeri I Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dengan 2 siklus masing-masing dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa tunagrahita sedang kelas III berjumlah 2 orang. Pengumpulan data evaluasi tindakan menggunakan tes hasil belajar dan data monitoring dengan panduan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah dilakukan kegiatan origami maka kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan. Hasil post test siklus I didapatkan data yaitu Rg dari skor kemampuan awal 46 (kriteria cukup) menjadi 65 (kriteria baik), dengan peningkatan skor 19 atau meningkat sebesar 41%. Tn mempunyai kemampuan awal 53 (kriteria cukup) menjadi 75 (kriteria baik), dengan peningkatan skor 22 atau meningkat sebesar 42%. Hasil evaluasi pada siklus I dipandang belum optimal karena pemahaman anak yang masih kurang. Modifikasi tersebut nampak pada kegiatan yaitu: penggunakan penggaris dalam membentuk pola, pemberian reward berupa hadiah, variatif dalam kegiatan apersepsi. Hasil post test siklus II menunjukkan peningkatan yakni Rg dengan skor siklus I sebesar 65 (kriteria baik), siklus II memperoleh skor 87 (kriteria sangat baik), dengan peningkatan skor 22 atau meningkat sebesar 34%. Tn mempunyai skor awal 53 (kriteria baik), siklus II kemampuan yang dicapai adalah 85 (kriteria baik sekali), yaitu dengan peningkatan skor 10 atau meningkat 13%. Kata kunci: kemampuan motorik halus, origami, anak tunagrahita sedang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan motorik halus, origami, anak tunagrahita sedang |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 01:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9808 |
Actions (login required)
View Item |