PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PASIR WETAN BANYUMAS

Rahayu, Purwandari (2012) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PASIR WETAN BANYUMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108241125.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241125.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108241125.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108241125.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241125.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori pada siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 53 siswa, 27 siswa dari kelas A dan 26 siswa dari kelas B. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah 15 siswa per grup, 15 siswa pada kelas kontrol dan 15 siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi biserial, dari 50 soal diperoleh 45 soal valid dan 5 soal gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR-20 dengan nilai koefisien sebesar 0,939. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil: terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada pertemuan kedua dan ketiga pada taraf signifikansi 5% dan df = 28 (1,798 ≥ 1,701; 2,122 ≥ 1,701). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pasir Wetan tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: pendekatan contextual teaching and learning, hasil belajar, siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan contextual teaching and learning, hasil belajar, siswa kelas IV SD Negeri Pasir Wetan
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9807

Actions (login required)

View Item View Item