PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH KEDUNGSARI KULON PROGO

Ratna Arini , Dewi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITHOH KEDUNGSARI KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB2 - 08111241031.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3 - 08111241031.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4 - 08111241031.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08111241031.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08111241031.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08111241031.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 08111241031.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar anak kelompok B di TK Masyithoh Kedungsari, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak TK kelompok B TK Masyithoh Kedungsari, dengan jumlah anak 15 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan daftar cek (check list) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan membaca permulaan sebesar 26,67% mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 53,33% dan meningkat lagi setelah tindakan siklus II dengan persentase sebesar 93,33%. Hasil penelitian membuktikan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Kata kunci: membaca permulaan, media kartu kata bergambar, TK Masyithoh

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, media kartu kata bergambar, TK Masyithoh
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9801

Actions (login required)

View Item View Item