KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN

Agustin Arsa , Nurwiranti (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB1 - 07203241005.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 07203241005.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 07203241005.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 07203241005.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07203241005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa di SMA N 1 Prambanan Sleman antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik make a match dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan teknik make a match dalam pengajaran kosakata bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-post test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas (X) berupa penggunaan teknik make a match dan variabel terikat (Y) yaitu penguasaan kosakata. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Prambanan Sleman. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 264 siswa. Pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas butir soal. Penghitungan koefisien korelasi dengan KR-20 diperoleh rxy= 0.915. Pengumpulan data dengan menggunakan tes penguasaan kosakata. Analisis data penelitian menggunakan uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 3.263 lebih besar dari ttabel = 1.996. Pada taraf signifikansi α= 0.05 dengan db sebesar 66. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi penguasaan kosakata bahasa Jerman yang signifikan antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik make a match dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional. Mean difference kelompok eksperimen sebesar 36.05 lebih tinggi daripada mean difference kelompok kontrol sebesar 33.35. Hal ini bearati bahwa pembelajaran kosakata bahasa Jerman dengan menggunakan teknik make a match lebih efektif daripada menggunakan teknik konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 9.8 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:07
Last Modified: 06 Feb 2013 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item View Item