EVALUASI PELAKSANAAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Khudlaarin Avinita Kurnia , Muharatun (2012) EVALUASI PELAKSANAAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 -08104244046.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 -08104244046.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 -08104244046.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 -08104244046.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 -08104244046.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - 08104244046.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran -08104244046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengungkapkan pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang terkait dengan komponen konteks, komponen masukan, komponen proses dan hasil dari pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta sejumlah 336 siswa, dengan sampel sejumlah 68 orang siswa; serta 5 orang guru muatan lokal keterampilan teknik bangunan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket (kuesioner) yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Tingkat reliabilitas (Alpha Cronbach) instrumen Context 0,868; Input 0,863; Process 0,873; dan Product 0,837. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta menurut pendapat siswa berada pada kategori cukup baik; adapun menurut pendapat guru berada pada kategori baik. (1) komponen konteks yang berkaitan dengan lingkungan pendukung cukup berperan dalam pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta; (2) komponen masukan yang berkaitan dengan kemampuan dasar siswa saat menerima muatan lokal keterampilan cukup berperan terhadap pelaksanaan muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta; (3) komponen proses yang berkaitan dengan pelaksanaan program muatan lokal keterampilan cukup berperan terhadap pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta; dan (4) pelaksanaan program muatan lokal keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta cukup bermanfaat bagi siswa. Kata kunci: evaluasi, muatan lokal keterampilan, SMP

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, muatan lokal keterampilan, SMP
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item