IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN DEPOK

Ninik , Widayanti (2012) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN DEPOK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 06104241016.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 06104241016.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 06104241016.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 06104241016.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 06104241016.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar di SMP Negeri se-Kecamantan Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing (populasi) dan siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan observasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan belajar untuk guru pembimbing dan siswa serta pedoman observasi. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas skala permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan belajar baik untuk guru pembimbing maupun untuk siswa menyatakan bahwa skala telah valid dan reliabel. Analisis data mengunakan kuantitatif deskriptif, data yang diperoleh selanjutnya dihitung mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar yang dianggap sangat serius menurut guru pembimbing terletak pada faktor guru pembimbing (67,6%) yakni kurangnya komitmen guru pembimbing untuk meningkatkan kemampuan profesional, faktor proses layanan bimbingan belajar (18,9%) yakni tidak adanya ruang untuk konseling individu dan kelompok, dan pada faktor sarana dan prasarana (13,5%) yakni kurangnya jumlah anggaran dana dalam layanan bimbingan belajar. Permasalahan dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar yang dianggap sangat serius menurut siswa terletak pada faktor proses layanan bimbingan belajar (32,7%) yakni tidak efektifnya penggunaan metode ceramah dalam layanan bimbingan belajar, faktor siswa (22,7%) yakni rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti layanan bimbingan belajar, faktor guru pembimbing (20,4%) yakni kurangnya sikap sabar guru pembimbing dalam menghadapi siswa, faktor sarana dan prasarana (12,4%) yakni kurangnya pemanfaatan CD/DVD pembelajaran dalam layanan bimbingan belajar, dan faktor hasil layanan bimbingan belajar (11,8%) yakni tingkat keberhasilan layanan bimbingan belajar yang rendah. Kata Kunci: permasalahan, pelaksanaan bimbingan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permasalahan, pelaksanaan bimbingan belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item View Item