Nanda, Pradhana (2012) PENGARUH INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SD SE GUGUS ONTOSENO BAGELEN PURWOREJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang menyatakan hubungan sebab akibat dengan variabel terikat prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo, berjumlah 85 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan bukti dokumenter nilai ulangan semester gasal siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Sebelum angket digunakan dilakukan pengujian validitas yaitu uji korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha. Untuk variabel intensitas perhatian orang tua diperoleh 31 item yang sahih dan 9 item yang gugur dengan koefisien reliabilitas 0,946. Sedangkan variabel motivasi belajar diperoleh 30 item yang sahih dan 10 item yang gugur dengan koefisien reliabilitas 0,926. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi regresi ganda. Untuk hasil penelitian data intensitas perhatian orang tua tingkat kategori tinggi memiliki frekuensi paling banyak, sedangkan untuk data motivasi belajar frekuensi paling banyak berada pada tingkat kategori sedang. Rata-rata prestasi belajar siswa 70,81 termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis regrsi sederhana X1 terhadap Y, diketahui Fhitung 16,229 lebih besar dari Ftabel 3,96 (Fh > Ft) maka X1 terhadap Y signifikan. Berdasarkan hasil analisis regrsi sederhana X2 terhadap Y, diketahui Fhitung 10,936 lebih besar dari Ftabel 3,96 (Fh > Ft) maka X2 terhadap Y signifikan. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda X1 dan X2 terhadap Y, diketahui Fhitung sebesar 11,289 lebih besar dari Ftabel 3,44 (Fh > Ft) maka koefesien korelasi multipel antara X1 dan X2 terhadap Y signifikan. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Kata kunci: intensitas perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 00:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9745 |
Actions (login required)
View Item |