PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DALAM SERIASI MELALUI PRAKTEK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA 1 NOLOGATEN

Gloria , Agustina (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DALAM SERIASI MELALUI PRAKTEK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA 1 NOLOGATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB1 - 08111241012.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 08111241012.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3 - 08111241012.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4 - 08111241012.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08111241012.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08111241012.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08111241012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika dalam seriasi (mengurutkan) pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Kusuma 1 Nologaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Objek penelitian adalah pemahaman seriasi (mengurutkan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian dimana pada siklus pertama terjadi peningkatan dari 58,5% menjadi 62,3% dalam seriasi (mengurutkan) dari panjang-pendek dan dari 60% menjadi 80% pada seriasi (mengurutkan) dari tebaltipis. Pada siklus ke-2 peningkatan kembali terjadi. Adapun peningkatan pada siklus ke2 adalah 92,3% dan 95,3% dalam seriasi (mengurutkan) 5 benda berdasarkan panjang-pendek atau sebaliknya. Dalam seriasi (mengurutkan) dari tebal-tipis pada pertemuan kedua meningkat menjadi 95,3%. Sedangkan pada seriasi (mengurutkan) dari tipis-tebal meningkat menjadi 96,6% pada pertemuan kedua. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa praktek langsung dapat meningkatkan pemahaman matematika dalam seriasi pada anak kelompok A di TK Kusuma 1 Nologaten. Kata kunci : matematika, seriasi, praktek langsung

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: matematika, seriasi, praktek langsung
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9737

Actions (login required)

View Item View Item