Dewi Avivah, Chandra Sari (2012) DINAMIKA KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DAN PERUBAHAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE-GUGUS KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1 -06110244006.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 -06110244006.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 -06110244006.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
COVER -06110244006.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN- 06110244006.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika kebijakan sertifikasi guru, mendeskripsikan perubahan kinerja guru Sekolah Dasar se-gugus Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dinamika kebijakan sertifikasi guru dan perubahan kinerja guru Sekolah Dasar se-gugus Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada Sekolah Dasar se-gugus ini adalah 6 Kepala Sekolah, 10 guru yang telah disertifikasi, 6 guru yang belum disertifikasi, 6 ketua kelas V dan 2 pengawas sekolah, dengan total dari subjek penelitian ini sebanyak 30 orang. Demi komprehensivitas penilaian dinamika kebijakan sertifikasi guru dan perubahan kinerja guru Sekolah Dasar maka pendapat pengawas Sekolah perlu untuk diketahui. Objek penelitian ini adalah dinamika kebijakan sertifikasi guru, perubahan kinerja guru Sekolah Dasar dan faktor yang mempengaruhi dinamika kebijakan sertifikasi guru dan perubahan kinerja guru Sekolah Dasar. Setting penelitian adalah Sekolah Dasar se-gugus. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kebijakan Sertifikasi guru pada awal kebijakan sertifikasi ini diputuskan melalui portofolio yang harus mengikuti penataran kualifikasi guru dari akhir tahun 2010 hingga sekarang, penataran mengenai kualifikasi, kualitas dan kompetensi guru tidak diadakan penataran, Pendidik sedikit mengerti dan memahami manfaat serta tujuan untuk menjadi seorang guru atau pendidik sehingga kinerja guru Sekolah Dasar segugus Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang memiliki perubahan sedikit meningkat, dan faktor pendorong para pendidik yang mengikuti sertifikasi hanya berupa strata sosial faktor penghambat berupa pendidik yang berfikir antara pendidik yang mengikuti sertifikasi tahun pertama dari adanya kebijakan sertifikasi atau pada saat dengan portofolio. Kata kunci: Kebijakan Sertifikasi Guru, Perubahan Kinerja Guru, Guru Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan Sertifikasi Guru, Perubahan Kinerja Guru, Guru Sekolah Dasar |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Feb 2013 03:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9712 |
Actions (login required)
View Item |