PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE BENGKEL SASTRA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BERBAH KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Wawan , Hermawan (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE BENGKEL SASTRA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BERBAH KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07201244018.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07201244018.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07201244018.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07201244018.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07201244018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode Bengkel Sastra siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Berbah Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas empat tahapan, perencanaan (plan ), tindakan (act), pengamatan (observ e ), dan refleksi ( reflect ). Subjek pene litian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Berbah pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Instrumen yang berupa tes meliputi tes menulis puisi, angket, dan lembar penilaian, sedangkan nontes terdiri lemb ar pengamatan, catatan lapangan, pedoman wawancara, dan alat perekam. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi sebelum dan sesudah implementasi tindakan. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas dialogis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan kualitas hasil dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode Bengkel Sastra siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Berbah Kabupaten Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Peningkatan kualitas proses terefleksi dari hasil pengamatan proses pembelajaran pratindakan sampai siklus I dengan mengamati beberapa indikator, yaitu pembelajaran menulis puisi dilaksanakan dengan menarik dan menyenangkan, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa berani tampil di depan kelas, siswa berkonsentrasi penuh selama proses pembelajaran. Indikator yang diamati pada akhir penelitian memperlihatkan kecenderungan positif karena dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Peningkatan kualitas hasil terefleksi dari meningkatnya nilai rata - rata menulis puisi siswa dari pratindakan sampai siklus I. Nilai rata-rata menulis puisi siswa pada saat pratindakan adalah 52,77 dan pada siklus I nilai rata-rata menulis puisi siswa naik menjadi 78,71. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa meningkat 25,94%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9678

Actions (login required)

View Item View Item