PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN WANGSALAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Laeli , Maftukhah (2012) PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN WANGSALAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08205244010.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08205244010.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08205244010.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08205244010.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08205244010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap pengembangkan media pembelajaran wangsalan untuk siswa SMP kelas VIII dengan Macromedia Flash Professional 8, menghasilkan media interaktif pembelajaran wangsalan untuk siswa SMP kelas VIII, mendeskripsikan hasil pengembangkan media pembelajaran wangsalan untuk siswa SMP kelas VIII dengan Macromedia Flash Professional 8. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap pengembangan media pembelajaran ini meliputi beberapa tahap yaitu: tahap analisis, tahap perancangan media pembelajaran, tahap pengembangan media pembelajaran, tahap validasi dan ujicoba produk dan tahap akhir media. Produk media ini diuji kelayakan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan layak ujicoba produk. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru pelajaran bahasa Jawa dan dilakukan ujicoba produk terhadap siswa kelas VIII. Ujicoba produk dilakukan pada siswa kelas VIII-10 SMP N 8 Yogyakarta yang terdiri atas 23 siswa yang diakhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal siswa terhadap materi yang ada dalam media pembelajaran wangsalan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi kualitas produk dari ahli materi termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 92,2%; (2) hasil validasi kualitas produk dari ahli media termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 83%; (3) penilaian guru bahasa Jawa terhadap kualitas produk termasuk dalam kategori “baik” dengan persentase 80%; (4) tahap ujicoba kualitas produk dari siswa kelas VIII termasuk dalam kategori “sangat setuju” dengan persentase 84,8%. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, ahli media dan guru bahasa Jawa dinyatakan layak untuk diujicobakan kepada siswa kelas VIII. Dari keseluruhan penilaian memperoleh rata-rata persentase 85% dengan kategori “sangat baik”. Persentase ketuntasan siswa dalam mengerjakan gladhen pada media mencapai 91,3%. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran wangsalan yang dikembangkan, membantu dalam memahami materi wangsalan dan menarik minat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 02:19
Last Modified: 01 Feb 2013 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9668

Actions (login required)

View Item View Item