EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BISIK BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS SISWAEFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BISIK BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA ANGKASA YOGYAKARTA KELAS X SMA ANGKASA YOGYAKARTA

Jilly Maria , Angela (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BISIK BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS SISWAEFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BISIK BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA ANGKASA YOGYAKARTA KELAS X SMA ANGKASA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 05201244034.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 05201244034.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 05201244034.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05201244034.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 05201244034.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan menyimak bahasa Prancis antara kelompok siswa yang menggunakan teknik permainan bisik berantai dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan teknik permainan bisik berantai. (2) efektivitas penggunaan teknik permainan bisik berantai dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Angkasa Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan XA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan nilai t-hitung sebesar 3,264 lebih besar dari t-tabel dengan db= 47 dengan taraf signifikasi sebesar 0,002. Hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan teknik permainan bisik berantai dan tidak diajar dengan teknik permainan bisik berantai. Dengan peningkatan rerata skor keterampilan menyimak kelas eksperimen sebesar 2,40. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan bisik berantai lebih efektif daripada teknik konvesional dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item