PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME AND TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO

Aprilina, Gandis (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME AND TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gandis Aprilina.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game and Tournament terhadap hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV SD N 4 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswakelas IV SD Negeri 4 Watesdan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game and Tournament. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 4 Wates.Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang sederhana. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan cara melihat hasil pretest. Hasilnya terpilih kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan IVB sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat validitas dan reliabilitas, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan rata-rata (mean), uji t-test dan penghitungan product moment corellation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 83,34 dan kelompok kontrol sebesar 73,84. Analisis data uji t menghasilkan nilai sebesar 3,501 lebih besar dari t table 5% sebesar 2,042 dan nilait pada product moment corellation sebesar 2,919juga lebih besar dari t table 5%. Ketiga hal tersebut menunjukkan ada pengaruh positif padahasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game and Tournament. Kesimpulannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game and Tournament memberikan pengaruh yang positifterhadap hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV SD N 4 Wates. Kata kunci: hasil belajar, Team Game and Tournament, Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item View Item