SIKAP BAHASA SISWA KELAS VIISMPN 9 YOGYAKARTA TERHADAP BAHASA INDONESIA

Atik , Wulandari (2012) SIKAP BAHASA SISWA KELAS VIISMPN 9 YOGYAKARTA TERHADAP BAHASA INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08201241029.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08201241029.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08201241029.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08201241029.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08201241029.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian sikap bahasa ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan sikap bahasa siswa kelas VIIdi SMPN 9 Yogyakarta dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi angket, observasi, dan wawancara. Teknik penyampelan dilakukan terhadap populasi siswa sebagai responden. Penyampelan siswa yang dipilih adalahSimple Random Sampling.Dariteknik penyampelan dipilih2 kelas sebagai kelas penelitian, dan 1 kelas lain sebagai kelas uji coba. Berdasarkan teknik penyampelan dipilih kelas VII D dan kelas VII F sebagai kelas penelitian, serta kelas VII E sebagai kelas uji coba. Analisis data diperoleh dari penilaian angket dengan skala 1—4 yang dikonversikan sesuai kriteria penilaian, yaitu rentang skor 4 ≥ X ≥ 3,25 untuk kriteria sangat baik, 3,25> ≥2,5untuk kriteria baik,2,5> ≥1,75untuk kriteria cukup baik, dan1,75> ≥1untuk kriteria tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa siswa kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta termasuk kategori baik, dengan skor rerata 2,99. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh siswa dan guru diperoleh data bahwa siswa menggunakan bahasa Indonesiadengan baik.Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa menggunakan bahasa Indonesia untuk bertanya kepada guru, untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, untuk berdiskusi dengan teman, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa siswamenyukai dan banggamenggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia dianggap lebih sopan dan mudah dipahami untuk digunakan. Siswa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik untuk bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, berdiskusi dengan teman dalam pembelajaran. Diskusi tidak sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia mengingat bahasa sehari-hari siswa adalah bahasa Jawa. Berdasarkan hasil penyebaran angket, observasi, dan wawancara dapat disimpulkan bahwa sikap bahasa siswa kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta baik. .Kata kunci : bahasa, sikap, sikap bahasa, kebanggaan bahasa, kesetiaan bahasa, kesadaran akan norma bahasa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bahasa, sikap, sikap bahasa, kebanggaan bahasa, kesetiaan bahasa, kesadaran akan norma bahasa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 31 Jan 2013 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item