MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Zamtinah, M. Pd. (2006) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Zamtinah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Mengajarkan mata kuliah elektronika dasar kepada mahasiswa memerlukan metode pengajaran yang sesuai agar tercapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kemampuan awal dan kemampuan penalaran yang dimiliki mahasiswa Jurusan Pendidikan teknik Elektro FT UNY, juga untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah yang sama jika PBMnya menggunakan metode kooperatif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro S1 sedangkan sampelnya adalah mahasiswa yang pada tahun ajaran 2005/2006 mengambil mata kuliah elektronika dasar berjumlah 44 mahasiswa. Rancangan penelitian menggunakan Metode penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart, dengan tiga siklus penelitian. Siklus pertama digunakan metode non kooperatif, siklus kedua dan ketiga menggunakan metode kooperatif. Data kemampuan awal dan prestasi belajar elektronika dasar diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan elektronika dasar. Data kemampuan penalaran diperoleh dengan menggunakan instrumen kemampuan penalaran. Indeks reliabilitas untuk ketiga instrumen adalah 0,846; 0,631; dan 0,816. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kemampuan awal elektronika dasar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro S1 termasuk dalam kategori rendah dengan rentang perolehan sekor antara 10 sampai 75 dan rerata sekor 39. Sementara itu apabila ditinjau dari kemampuan penalarannya termasuk dalam kategori sedang ditunjukkan dengan 52% mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan jawaban benar di atas sekor rerata. Sementara itu prestasi belajar mahasiswa berdasar data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan metode kooperatif memberikan hasil rerata yang lebih tinggi (60,75) dibandingkan dengan penggunaan non kooperatif (42,08) Kata kunci: prestasi belajar, metode kooperatif. FT, 2006 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:08
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item