PEMBELAJARAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SDLB DI SLB BHAKTI PERTIWI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

LEOMANGIN NUGROHO SULARNO , BROTO (2012) PEMBELAJARAN MERAWAT DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SDLB DI SLB BHAKTI PERTIWI PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08103249030.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08103249030.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08103249030.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 08103249030.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08103249030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran merawat diri anak tunagrahita ringan kelas II SDLB di SLB Bhakti Pertiwi Sleman. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang guru kelas II tunagrahita ringan dan siswa tunagrahita ringan kelas II yang terdiri dari 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tujuan pembelajaran merawat diri anak tunagrahita ringan kelas II SDLB belum tercapai, siswa belum memahami pentingnya mandi dan masih memerlukan bantuan dari orang lain. Materi pembelajarannya adalah mengenal peralatan mandi, cara atau urutan mandi yang benar. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan penugasan. Langkah pembelajaran dengan mengenal peralatan mandi dan cara atau urutan mandi yang benar. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung sebanyak empat kali pertemuan, guru menggunakan cara pendekatan individual, kasih sayang dan kesabaran. Subjek Ed berkarakteristik malas, kurang motivasi diri dan kurang memahami tugas/ perintah, subjek Aj kurang konsentrasi, tidak bisa diam dan kurang memahami tugas/ perintah, hal tersebut menyebabkan subjek Ed pada persiapan peralatan, proses pelaksanaan mandi dapat dikatakan kurang atau tidak baik, memerlukan waktu lama dan memerlukan bantuan yang banyak, subjek Aj pada persiapan peralatan masih kurang baik, proses pelaksanaan mandi memerlukan bimbingan dan bantuan. Hasil evaluasi dari guru menunjukkan bahwa siswa Ed dan Aj belum mampu menjawab pertanyaan juga belum mampu melaksanakan tugas yang diberikan. Kata kunci: pembelajaran merawat diri, anak tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran merawat diri, anak tunagrahita ringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 06:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item